Spotify Amazon

Anchor Tattoo

Band : PLAIN PAIN
Title : Anchor Tattoo
Release Date : 2 Oktober 2019
Label : MUSICOLOID SINGLE HITS
  1. Anchor Tattoo

Dijelaskan oleh penulis sebagai lagu yang tak lebih dari seputar seorang wanita dan tattoo yang digambar dengan kemampuan menggambar yang sangat buruk. Dengan tujuan awal untuk menebar pesona, berujung dengan ejekan yang tak terduga, yang pada akhirnya kisah di balik tattoo tersebut memiliki banyak kesamaan dengan kisah yang dialami penulis dan wanita terkait. Seperti sifat tattoo ini yang sementara karena digambar menggunakan bolpen, visual jangkar yang sejatinya menahan sebuah kapal untuk berlayar dan mengarungi lautan, dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan di dalam lagu ini.

Mengambil latar waktu pada usia sekolah menengah pertama, di saat ke dua belah pihak masih sangat naif dan terbelenggu usia labil. Sangat menyedihkan untuk diingat, namun begitu indah untuk dilupakan. Sebelumnya pernah dirilis di bawah nama Secret Society, dibuat dengan vokal yang penuh emosi, instrumen yang gelap dan dingin, dan dibumbui spoken word dari bassist dari grup band Secret Society tersebut menjadikan lagu ini sebagai balada lirih yang penuh dengan kenestapaan.

2 Oktober 2019 lalu, Anchor Tattoo kembali dibawakan oleh unit yang hampir sama, namun di bawah nama yang berbeda, Plain Pain. Ritme yang ceria dan beat yang sedikit cepat membuat lagu ini terasa lebih cheerful ketika dibawakan oleh Plain Pain. Karena seiring berjalannya waktu, mindset dari sang penulis terhadap wanita yang dimaksudkan di lagu ini kian berubah, menjadikannya menemukan definisi baru atas apa itu tato jangkar.